Home » » 5 Area Kolong Mobil yang Wajib Diperiksa Secara Teratur / 081216958299

5 Area Kolong Mobil yang Wajib Diperiksa Secara Teratur / 081216958299

Written By HUSNI ZULFIKAR on Senin, 30 Maret 2015 | 17.01

Disaat musim hujan tiba, tidak bisa dipungkiri bodi mobil akan sangat mudah kotor tak terkecuali bagian kolong mobil. Sela-sela sempit ini rawan tidak digubris karena posisinya yang tidak bisa langsung terlihat mata. Padahal bagian kolong menyimpan berbagai komponen metal yang sangat rentan keropos.
Kotoran-kotoran daun dan tanah bercampur air punya peranan besar dalam meningkatkan tingkat korosi, karena rawan menempel pada lapisan sempit kolong mobil. Jika tersimpan terlalu lama, bukan tidak mungkin kerusakan akan semakin parah.
Untuk itu, diperlukan setidaknya satu minggu sekali untuk dilakukan pembersihan kolong mobil jika saat itu hujan tidak terlalu intensif. Akan tetapi jika mobil kerap terguyur hujan apalagi kerap menerjang banjir, akan lebih baik jika membersihkannya hingga dua kali dalam seminggu.
Ada beberapa titik yang wajib dibersihkan dan di periksa secara teratur agar mobil senantiasa dalam keadaan baik
1. ASS RODA
Komponen AS roda khususnya mobil berpengerak roda depan wajib selalu dibersihkan mengingat butiran tanah serta kotoran lainnya kerap menempel dan sering menyebabkan kerusakan karet pelindung AS roda.
Efek jangka panjang yang mungkin terjadi, kotoran yang terus-menerus menumpuk juga rawan menyerang pelumas pada joint kopel sehingga terbuang dan mudah rusak.

2. LANTAI PELINDUNG
Demi menangkal cipratan air bercampur tanah dan berbagai kotoran pengganggu lainnya, beberapa produsen mobil melindungi box mesin dengan lantai. Biasaya protektor inidi pasang dengan klep karet atau mur dan terkadang mengalami kendur.
Selalu pastikan jika part ini tidak mengalami kendur sehingga komponen dalamnya selalu terjaga bersih sehingga mesin tetap terjaga maksimal.

3. Steering Rack
Kotoran yang meunmpuk pada karet boot pelindung sistm kemudi rack dan pinion punya pengaruh besar terhadap bocornya oli power steering. Ketika membersihkan part ini, pastikan juga bahwa tidak ada rembesan oli sehingga sistem kemudi tetap normal.

4. Suspensi
Part yang tak kalah penting justru terletak pada sela-sela per suspensi. Apabila kotor, komponen yang sangat aktif menopang beban kendaraan ini akan rawan berdecit dan membuat risih suasana berkendara. Usahakan untuk selalu rutin membersihkannya karena sil karet akan cepat rusak.

5. Kondensor AC
Karena posisinya yang cukup rendah dan lebih dekat dengan jalan, kondensor AC sangat rentan menjadi tempat penampungan berbagai macam sampah sehingga menghalangi kisi-kisi kondensor. Modelnya yang sejajar dengan radiator,secara otomatis kotoran akan menghambat pelepasan panas AC dan kinerja mesin akan terganggu

Sumber: otosia.com

HUB; HUSNI
081216958299/ 08814910091 / 32833C50
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar