Home » » Memilih Jok Mobil dalam Modifikasi Interior

Memilih Jok Mobil dalam Modifikasi Interior

Written By HUSNI ZULFIKAR on Jumat, 27 Maret 2015 | 06.54

jok mobilSudah menjadi hal yang umum bahwa pemilik mobil akan melakukan modifikasi pada mobilnya agar terlihat berbeda dari mobil-mobil lainnya dan juga untuk menambah rasa nyaman saat berkendara. Mengganti jok mobil adalah salah satunya yang bertujuan untuk memodifikasi interior sehingga lebih cantik saat dilihat dan lebih nyaman saat diduduki. Dengan banyaknya jenis jok mobil yang ada dipasaran, memilih jok mobil harus dilakukan dengan hati-hati.

Pengetahuan tentang jenis jok adalah hal pertama yang harus didapatkan sebelum memilih jok mobil. Jenis jok mobil yang ada dipasaran pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu jok kulit asli dan jok kulit sintetik. Dari namanya, jok kulit asli menunjukkan bahwa jok kulit tersebut terbuat dari kulit asli yang biasanya adalah kulit sapi sedangkan jok kulit sintetik terbuat dari bahan kulit sintetik atau buatan. Harga bahan asli lebih mahal dari bahan sintetik dan biaya perawatannya pun lebih mahal. Namun, biaya mahal ini terbayar dengan kualitas jok yang lembut, nyaman, adem, anti gores, dan tentunya terlihat mahal. Di lain pihak, jok kulit sintetik juga memiliki kelebihan yaitu perawatan yang lebih  mudah dan banyaknya pilihan warna.

Selain jenis jok, tipe pemasangan jok juga harus dimengerti. Anda akan menemukan dua jenis pemasangan yaitu paten dan sarung. Pemasangan jok paten adalah pemasangan yang dilakukan dengan mengganti bahan pelapis jok dengan yang baru sedangkan yang lama dibuang. Dengan memilih tipe paten, model dan jahitan jok bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, pemasangan paten akan lebih kuat sehingga lebih nyaman digunakan. Tipe pemasangan yang kedua, yaitu sarung adalah memasangkan sarung jok baru yang cukup dengan disarungkan ke jok mobil yang lama. Pemasangan tipe sarung ini harus menyesuaikan dengan jok mobil yang lama sehingga tidak bisa mengganti model. Dipasaran, terdapat berbagai macam sarung jok yang diproduksi masal sehingga harganya menjadi murah. Namun, produksi masal ini biasanya menggunakan bahan berkualitas rendah.

Dalam hal tampilan jok mobil, harus dipertimbangkan model pada jok. Model standar adalah model yang paling mudah dan paling murah. Untuk tampilan berbeda, dapat dipilih model kerut,garson, sporti, dan lain sebagainya. Pemilihan model ini harus disesuaikan dengan ukuran ruang dalam mobil agar nyaman digunakan dan juga disesuaikan dengan tema desain interior. Untuk model-model khusus, tidak semua penjual jok mobil bisa membuatkan anda jok dengan model tersebut.

Dalam hal pemilihan warna jok, warna-warna lain yang ada di dalam dan di luar mobil harus diperhatikan agar terjadi kesesuaian warna. Selain itu kesesuaian warna jok dengan warna benang jahitan luar juga harus diperhatikan. Selain pemilihan warna senada, bisa juga dipilih warna yang kontras antara jok dengan benang agar lebih menarik perhatian mata. Dengan adanya kulit jok sintetik, warna-warna jok semakin beragam bahkan adapula jok yang memiliki motif khusus. Untuk membuat tampilan menarik, padu padan dua warna atau lebih bisa dilakukan. Perpaduan dua warna biasanya dilakukan pada model jok sporti.

Untuk sentuhan akhir, double stich adalah jahitan luar yang paling umum digunakan atau bisa juga dipilih jenis jahitan lainnya. Untuk bagian pinggir jok, terdapat pilihan untuk menggunakan lis atau menggunakan selang. Sentuhan akhir ini sepertinya sangat sederhana, tetapi sangat berpengaruh pada tampilan akhir jok. Sebelum menentukan pilihan, mintalah penjual untuk memperlihatkan contoh atau gambar jok sehingga anda bisa tahu seperti apa kira-kira jok mobil anda nantinya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar