Home » » Wagon R The Best LCGC, dan 5 Kelebihannya di banding Kompetitor

Wagon R The Best LCGC, dan 5 Kelebihannya di banding Kompetitor

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 24 Maret 2015 | 08.09



Dalam OTOMOTIF AWARD 2014, ada kategori baru, yakni Best LCGC yang akhirnya berhasil direbut oleh Suzuki Karimun Wagon R. Mobil murah andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini hadir paling akhir dibandingkan ketiga pesaingnya yang diawali oleh si kembar Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, kemudian Honda Brio Satya.

"Dengan penghargaan ini kita semakin pede dan semakin berani melakukan improve. Terima kasih kepada OTOMOTIF telah menunjuk Suzuki Karimun Wagon R sebagai yang terbaik di LCGC," jelas Davy Tuilan selaku marketing & Dealers Development Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Ia pun membocorkan kalau dalam waktu dekat ini akan meluncurkan Karimun Wagon R versi limited. Malah, model andalan Suzuki itu sedang dipersiapkan dengan transmisi matik yang irit bahan bakar.

Sebagai pendatang terakhir, Suzuki Wagon R mempunyai bentuk paling lain, yakni mengotak seperti model sebelumnya. Ketika dilakukan komparasi keempatnya, Best LCGC ini mempunyai keunggulan dan kelebihan di beberapa sektor.

Dalam hal efisiensi bahan bakar, Karimun Wagon R mencatat 1:16,5 di dalam kota (tertinggi) dan 1:22,2 konstan. Untuk yang terakhir hanya unggul tipis 0,1 sama Ayla X A/T.

Begitu juga dengan akselerasi. Karimun Wagon R bertransmisi manual ini ketika ngebut 0-60 kpj menorehkan waktu 5,3 detik. Honda Brio Satya yang juga manual mencatat 6,5 detik. Pun dilakukan akselerasi 0-402 meter, Karimun yang mengukir 18,9 detik maih mampu meninggalkan Brio Satya setelah meraih 20,1 detik.


5 Kelebihan Suzuki Karimun Wagon

  1.    Ruang kabin lebih lega
Mobil besutan Suzuki ini berbeda dengan mobil LCGC sekelasnya yang biasanya menerapkan hatchback low profile. Karimun Wagon tampil dengan model city car dengan bentuk boxy yang memanjang ke atas. Sehingga sangat mirip dengan mobil Kei Car yang sangat terkenal di Jepang. Ukuran panjang mobil mengalami reduksi dan menjadikan interior mobil terasa lebih lapang. Hal ini dikarenakan konfigurasi duduk yang lebih vertikal daripada horizontal. Dengan posisi ini, maka secara otomatis kabin mobil terasa lebih luas tanpa menyentuh bagian legroom dan headroom.

  1.    Plat bodi dirancang lebih tebal
Biasanya mobil murah sangat identik dengan penggunaan plat mobil yang sangat tipis dan ringkih. Sehingga kalau kecelakaan menimpa mobil tersebut akan mudah mengalami ringsek parah. Tapi hal ini tidak diterapkan oleh Suzuki, karena produsen otomotif ini selalu menerapkan plat bodi lebih tebal, daripada produk kompetitor. Karena Suzuki selalu menerapkan struktur bodi yang kuat, termasuk pada rancangan  Karimun Wagon. Tapi dikarenakan menerapkan plat yang tebal, maka bobot mobil semakin berat. Berbeda dengan bobot Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang terbilang ringan tidak lebih dari 800 kg. Sedangkan Karimun Wagon mempunyai bobot mencapai 835 kg.

 Suzuki Karimun Wagon R

review Suzuki Karimun Wagon R
Side View Suzuki Karimun Wagon
  1.    Rangka Mesin dengan material alumunium
Guna menekan bobot mobil, Suzuki Karimun Wagon menerapkan mesin K10B engine yang dibuat dari material alumunium. Mesin yang dipasang pada mobil ini telah teruji, karena pernah diterapkan pada Nissan Pixo, Suzuki Alto atau Suzuki A-Star.  Teknologi injeksi yang diterapkan pada mesin 3 silindernya mampu  menciptakan tenaga mencapai 80 Ps dan torsi mencapai 90 Nm. Tenaga ini dirancang mengalir dengan merata di setiap perputaran mesin guna mengoptimalkan laju mobil secara stop and go. Emisi gas buang mobil ini terbilang sangat rendah hanya berada di angka 109 g/km. Tingkat emisi ga buang ini hampir menandingi Mitsubishi Mirage yang hanya berada di bawah angka 100 g/km. Mesin mobil Karimun Wagon dirancang sama seperti Toyota Agya, sehingga mempunyai kompresi tinggi mencapai 1:10. Dengan begitu sangat disarankan Anda menggunakan BBM minimal sekelas pertamax.

  1.    Menerapkan Under Seat Tray
Tak banyak mobil yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan ekstra di balik kursi pengemudi atau dikenal dengan fitur Under Seat Tray. Biasanya fitur ini hanya diterapkan pada mobil mewah sekelas Mazda 8 dan Mitsubishi Grandis. Tapi Karimun Wagon telah menerapkannya meskipun mobil ini termasuk pada jajaran mobil murah. Tempat penyimpanan ini bisa menampung beragam barang bawaan Anda lebih tertata rapi.

  1.    Menerapkan fitur Gear Shift Indicator
Karimun Wagon dilengkapi dengan fitur yang unik guna menekan penggunaan BBM. Fitur yang yang mendukung itu adalah Gear Shift Indicator. Dengan fiturini maka pengemudi akan terbantu dalam memutuskan waktu yang tepat guna pergantian gigi. Supaya mobil bisa melaju lebih efisien. Fitur yang diterapkan ini fungsinya sama dengan fitur Eco Indicator yang disematkan pada berbagai mobil LCGC lainnya.

sumber : 
http://mobil.otomotifnet.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar