Home » » Ketahui Pengaturan Audio Mobil Agar Keluaran Suara Enak Terdengar

Ketahui Pengaturan Audio Mobil Agar Keluaran Suara Enak Terdengar

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 09 Juni 2015 | 08.00

 Mendapatkan kualitas suara yang maksimal pada audio mobil menjadi keinginan hampir semua pemilik kendaraan. Lalu apa yang menjadi patokan dalam pengaturan perangkat audio agar menghasilkan suara yang mumpuni?
Menurut pakar audio car sekaligus owner Audioworkshop, Wahyu Tanuwidjaja, pengaturan perangkat audio dapat dilakukan sesuai selera sang pemilik. Hanya saja, hal ini tidak boleh dieksekusi secara sembarangan. Soalnya terdapat berbagai unsur yang harus diperhatikan agar perangkat audio mampu mengeluarkan suara yang baik.
"Tergantung selera konsumen, tetapi tetap dalam koridor. Pakai audio bawaan mobil sebenarnya bisa. Namun, kalau mau maksimal memang harus dimodifikasi. Yang harus diperhatikan yaitu tidak boleh ada komponen yang hilang. Contohnya bass dan treble ada, lalu mid hilang, itu tidak boleh. Ketiganya harus ada dengan komposisi bebas," terangnya.


Disamping hal di atas, kejelasan frekuensi suara juga menjadi keharusan. Suara yang dihasilkan tidak boleh tercampur, yang berdampak pada tidak jelasnya audio.
"Suara harus jernih, tidak boleh saling tindih. Artinya masing-masing komponen bisa terdengar. Selain itu tidak boleh ada distorsi," ucapnya.
Berbeda dengan kebutuhan harian, untuk kepentingan kompetisi, pengaturan yang dilakukan berbeda. Terdapat grafik audio yang harus dipenuhi agar mendapatkan kualitas suara mumpuni.
"Ada fenomena yang namanya Fletcher-Munson Curves. Jadi manusia itu punya kecenderungan ingin suara bass lebih saat suara kecil dan bass flat saat suara keras. Padahal amplifier dan speaker itu linear naik turunnya. Kalau kita bisa mengikuti ini, dipastikan juara saat kompetisi," jelasnya.

Sumber  :  www.otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar