Home » » Tips Jaga Kondisi Mesin dengan Busi

Tips Jaga Kondisi Mesin dengan Busi

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 13 Oktober 2015 | 02.38

Tips Jaga Kondisi Mesin dengan Busi


 Busi memang terlihat sangat sepele. Bentuknya yang kecil dengan kisaran harga yang tidak begitu mahal, membuat busi ini terkadang sedikit terabaikan. Tapi, lain dari itu, salah satu sumbu api pada silinder kop ini memiliki peluang yang cukup besar untuk membuat pengapian mesin jadi bermasalah.
Karena jenis dan mode setiap mesin mobil berbeda, janganlah coba-coba untuk mengganti busi pabrikan Eropa dengan busi pabrikan Jepang. Atau mungkin sebaliknya. Kinerja mesin akan terhambat, atau lebih parahnya lagi, mesin akan malah berhenti bekerja.
Busi
Kalau malpraktek busi ini diteruskan, dalam waktu jangka panjang, mobil akan semakin parah dengan kerusakannya. Untuk masa awal, mungkin akan dimulai dari sensor, lalu ECU (Engine Control Unit) mulai kurang stabil dan juga komponen-komponen pada silinder akan bekerja mulai berantakan.
Untuk mengembalikan mesin seperti semula, tentu bukan harga yang murah. Karena harus turun mesin sekitar separuh, bisa saja akan menghabiskan budget mencapai 5 hingga 10 jutaan. Tergantung jenis kerusakan yang dialami. Tapi, kalau Anda sedikit waspada dan hati-hati, pastinya harganya tidak akan sampai sedemikian mahal.(kpl/sdi)

sumber: otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar