Home » » Efektifkah Mengelas Evaporator AC Bocor?

Efektifkah Mengelas Evaporator AC Bocor?

Written By HUSNI ZULFIKAR on Rabu, 27 Januari 2016 | 04.13


Efektifkah Mengelas Evaporator AC Bocor?
Foto: Rotarybintaro

Seiring waktu berjalan hembusan udara dingin Air Conditioner (AC) lambat laun makin berkurang. Bahkan tak jarang, udara yang dihasilkan tidak dingin sama sekali. Masalah ini memiliki banyak penyebab, salah satunya adalah evaporator yang mengalami kebocoran.
Evaporator sendiri berfungsi sebagai penampung hawa dingin dari freon yang sudah berubah wujud menjadi uap. Dimana sebelumnya freon mengambil udara panas yang juga berada dalam evaporator dan mengubahnya menjadi udara dingin.
Adapun beberapa penyebab evaporator bocor yaitu kurang perawatan yang menyebabkan korosi, tekanan freon berlebih, sistem freon mampet, tak memakai filter kabin dan usia pemakaian.
"Biasanya karena masalah usia pemakaian. Namun di samping itu banyak juga penyebabnya, seperti kurang perawatan. Kotoran yang menumpuk berisiko menyebabkan evaporator mengalami kerusakan," ucap Ferry selaku pemilik bengkel spesialis AC Auto Rotary Bintaro yang berlokasi di di RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.
Untuk mengetahui apakah evaporator mengalami kebocoran dapat dilakukan dengan memberi tekanan udara. Tentunya komponen ini haris dibongkar terlebih dahulu dan ada baiknya dilakukan di bengkel yang telah berpengalaman. Evaporator yang telah dicopot direndam ke dalam air dan diberi tekanan udara. Apabila ada gelembung udara muncul, dipastikan komponen tersebut mengalami kebocoran.
Jika sudah diketahui akar penyebabnya adalah kebocoran, salah satu cara mengakalinya adalah dengan mengelas. Namun sayangnya, perbaikan dengan cara tersebut kurang efektif.
"Prinsipnya jika evaporator sudah terjadi kebocoran, kemungkinan besar sudah terjadi korosi. Jika dilas biasanya tidak akan awet, artinya jika kita las di titik A, maka kebanyakan akan merembet ke titik B, C dan seterusnya," ucapnya.
Pemborosan biaya pun dapat terjadi. Sebab apabila bocor kembali, konsumen harus mengisi freon yang terbuang. Oleh karena itu, Ia menyarankan agar konsumen segera mengganti evaporator dengan yang baru.
Mengganti evaporator baru memang akan memakan biaya yang cukup besar. Namun jika dibandingkan dengan masa pakainya yang cukup lama hingga kembali bocor, bisa dikatakan ongkos yang terbuang lebih ekonomis.(kpl/fid/sno)
sumber: otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar