Home » » Jangan Asal Pilih Cairan Anti-Karat dan Kotoran

Jangan Asal Pilih Cairan Anti-Karat dan Kotoran

Written By HUSNI ZULFIKAR on Rabu, 27 Januari 2016 | 04.21


Jangan Asal Pilih Cairan Anti-Karat dan Kotoran
Rexco 50 (Foto: Nazar)


Saat ini cukup banyak tersedia produk cairan perontok karat dan pembersih kotoran pada benda atau peralatan yang terbuat dari metal di pasaran. Namun, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk multi purpose lubricant. Pasalnya, tidak sedikit yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya, tidak hanya pada peralatan logam yang dibersihkan, tetapi juga kesehatan.
Multi purpose lubricant adalah produk kimiawi untuk membersihkan, melumasi dan memproteksi mesin dan peralatan yang terbuat dari metal. Ketika harus membeli produk multi purpose lubricant atau banyak yangg menyebutnya anti karat, penetrant, tentu sebagian dari kita dihadapkan pertanyaan, merk apa, dan berapa harganya, bagaimana kualitasnya?
Jawaban kedua pertanyaan tersebut mungkin bisa didapat melalui teman, internet, bengkel  atau toko langganan, serta pegawai atau SPG di supermarket. Jika sudah memutuskan membeli, ada dua kemungkinan, puas dan kecewa setelah digunakan.
Alfons S, Marketing Product Rexco Indonesia, mewanti-wanti agar konsumen harus jeli dan pintar memilih multi purpose lubricant karena begitu banyak merk, baik dari luar negeri maupun lokal, dari harga mahal sampai yang termurah.
“Kadang ada yang tidak masuk akal, dengan harga murah, tapi harga kaleng, nozlenya, tutupnya, tidak murahan, dan isinya banyak. Yang jadi pertanyaan, chemical apa yang terkandung di dalam produk tersebut? Apakah benar-benar multi purpose lubricant? Benar-benar anti karat, antipenetrant? Apakah produk ini nantinya malah merusak mesin kita atau peralatan kita?,” tanya Alfons.
Menurut Alfons, konsumen jangan terpancing merek dan harga. Yang penting, katanya, adalah kualitas cairan didalamnya sudah teruji. Produk mahal dan merek terkenal bukan jaminan punya kualitas bagus, apalagi yang murah. “Sekali lagi, yang penting adalah kualitas cairannya, bukan gasnya, packingnya atau nozzlenya,” tandasnya.
Banyak cara dalam menguji kualitas produk multi purpose lubricant. Salah satunya test anti karat. Caranya, semprotkan produk tersebut ke dalam sebuah gelas transparan setinggi 1 cm, lalu masukan air setinggi 6-7 cm. Posisi chemical pasti berada di atas air. Aduklah hingga tercampur. Diamkan, lalu aduk kembali. Lakukan 2-3 kali. Dan lihat bagaimana hasilnya.
Jika produk tersebut mempunyai kualitas yang baik, maka bahan kimianya akan terpisah dari air dengan cepat. Kalo produk yang kualitasnya rendah, maka dia akan lama terpisah dari air, bahkan malah tercampur dari air. Artinya produk tersebut tidak bisa dipakai untuk melindungi mesin atau peralatan Anda dari karat.
Pengujian pertama dilakukan untuk melihat kualitas produk multi purpose lubricant dari segi anti karat.
“Ingat, yang namanya produk multi purpose lubricant, mempunyai 5 fungsi, yaitu anti karat, pelumas, pembersih, penghilang kelembaban, dan penetrasi, dimana dari ke 5 fungsi itu, Anda bisa menggunakan produk tersebut untuk banyak hal dalam membantu merawat mesin dan peralatan kerja Anda,” papar Alfons.
PT Altama Surya Arsa sendiri menawarkan dua varian multi purpose lubricant, seperti Rexco 50 dan terbaru multi purpose degreaser Rexco 70.
sumber: otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar