Home » » Cara Mengganti Wiper Mobil

Cara Mengganti Wiper Mobil

Written By HUSNI ZULFIKAR on Minggu, 24 April 2016 | 08.31

 Ketika musim hujan telah tiba, maka peran wiper sangat diperlukan. Apa jadinya jika wiper tidak bisa bekerja secara optimal ketika sedang berkendara ditengah hujan yang lebat. Tentu pandangan mata akan terganggu dan bisa-bisa berakibat kecelakaan. Lamanya pemakaian adalah salah satu faktor yang membuat semakin menipisnya karet pada wiper. Apabila terlalu tipis akan menimbulkan suara berisik. Jika hal ini sudah terjadi ujung-ujungnya kaca depan mobil juga ikut rusak. Dengan alasan inilah karet wiper perlu diperiksa dan diganti secara periodik.
Cara Mengganti Wiper Mobil
Cara Mengganti Wiper Mobil
Dalam mengganti wiper ada dua pilihan yaitu mengganti refill bladenya saja atau mengganti satu unit. Untuk mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun alangkah baiknya mengganti satu unit wiper. Dengan demikian fungsi wiper akan lebih optimal. Harga satu set wiper berkisar antara 100 ribu hingga 250 ribu. Yang perlu diperhatikan adalah ukurannya, karena berbeda mobil juga berbeda ukuran. Untuk mobil non eropa biasanya memiliki panjang 18 inc - 24 inc. Sedangkan mobil-mobil eropa lebih panjang yakni berkisar 26 inc hingga 28 inc.

Perawatan pada wiper mobil dapat dilakukan dengan mengguyurkan air dan kemudian aktifkan wiper. Selain melihat kinerja wiper, perhatikan pula kekenyalan pada karetnya. Jika sapuan wiper sudah tidak optimal maka gantilah wiper dengan cara berikut ini.
  • Lakukan pengukuran pada wiper menggunakan penggaris dengan satuan inci.
  • Jika sudah carilah wiper aftermarket yang sesuai dengan ukuran wiper mobil anda.
  • Dengan menekan dan mendorongnya ke bawah, lepaskan wiper dari rumahnya.
  • Bersihkan kotoran pada rumah wiper
  • Pasanglah wiper baru dan pastikan terpasang dengan sempurna pada rumahnya.
  • Cek kembali kinerja wiper dengan menghidupkanya.
Mudah mudah bukan penggantian wiper mobil ini? oh iya kalau untuk penggantian refill blade saja, harganya cukup murah  berkisar 50 rb hingga 100 rb. Namun tentunya harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, alangkah baiknya anda tanya langsung saja di toko aksesoris. Selamat Mencoba.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar