Home » » Ini Dia, Cara Deteksi Kampas Rem Telah Habis

Ini Dia, Cara Deteksi Kampas Rem Telah Habis

Written By HUSNI ZULFIKAR on Kamis, 21 April 2016 | 06.53

Cara Deteksi Kampas Rem Telah Habis

Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki banyak komponen yang dapat menghasilkan sarana transportasi memadai, aman dan nyaman untuk mobilitas sehari-hari. Salah satunya adalah sistem pengereman, yang merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Komponen pengereman memang merupakan faktor utama keselamatan berkendara. Tentu saja agar sistem pengereman dapat berjalan dengan baik dibutuhkan perawatan yang baik pula. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan dan mengenali kondisi rem pada kendaraan mereka. Baik itu pada rem cakram (disk brake) maupun rem tromol (drum brake). Lantas, bagaimana cara mendeteksi komponen pengereman suatu kendaraan yang telah habis?

Ternyata untuk mengetahui kondisi kampas rem telah habis adalah dengan cara merasakannya. Jika saat menginjak pedal rem maka laju kendaraan tidak berhenti atau berkurang dengan baik maka wajib segera diganti. Apalagi jika saat menginjak rem terdengar suara-suara decitan atau gesekan antara dua komponen maka bisa dipastikan kampas rem telah habis. Selanjutnya jika dirasa kurang begitu yakin dengan kampas rem yang telah habis maka dapat melakukan pengecekan visual atau dengan cara melihatnya. Tentu saja cara ini dapat dilakukan pada rem cakram saja. Apabila masih kurang yakin maka konsultasi ke bengkel terpercaya mengenai kondisi kampas rem kendaraan anda.
“Untuk mengetahui kondisi kampas rem bisa dilakukan dengan proses pengamatan secara visual. Caranya, mendeteksi lewat kondisi pelek, apakah kotor atau bersih. Biasanya, jika pada pelek depan terdapat kotoran serbuk halus hitam, ini merupakan serbuk dari kampas rem yang jatuh di pelek mobil,” ujar Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI).
Indikasi kampas rem yang telah habis pada suatu kendaraan adalah terdapatnya kotoran serbuk asbes yang mengotori velg atau bagian cakram kendaraan. Hal tersebut memang lebih cenderung terlihat pada kendaran roda empat atau mobil. Sedangkan untuk motor tentunya mudah hilang karena mudah tertiup angin atau saat melaju.
Untuk sistem tromol sendiri memang tidak bisa dilihat, hanya bisa dirasakan dan hal tersebut pun membutuhkan pengecekan secara langsung dengan cara membongkarnya. Jika memang kampas rem yang ada telah habis maka wajib melakukan pergantian komponen agar mendapatkan fungsi yang baik. Baca juga
sumber:semisena.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar