Home » » Trik Merawat Karet Mobil Agar Tidak Mudah Kaku

Trik Merawat Karet Mobil Agar Tidak Mudah Kaku

Written By HUSNI ZULFIKAR on Minggu, 17 April 2016 | 05.07

Trik Merawat Karet Mobil Agar Tidak Mudah Kaku

Setiap bagian mulai dari terbesar hinga terkecil sebuah kendaraan selalu memiliki batas usia tertentu. Salah satunya karet mobil yang biasa menjadi peredam bibir pintu saat dibuka dan menutup, serta menjaga agar sela-sela pintu tak mudah disusupi air sehingga kabin tetap kering meski diguyur hujan.
Tanda-tanda karet sudah kehabisan daya dan telah uzur masa berlakunya biasanya terlihat dari teksturnya yang tak elagi elastis alias keras. Dan ketika pintu ditutup atau jendela dibuka, karet peredam sudah tidak mampu lagi untuk menahan hentakan sehingga ketika pintu ditutup, suaranya sangat nyaring seperti ada benturan antar benda keras.
Agar mobil Anda terhindar dari kejadian sedemikian atau setidaknya memperpanjang umurnya, tidak ada salahnya untuk mencoba tips sederhana berikut


Tips pertama, disarankan bagi Anda untuk selalu mempertimbangkan tempat parkir yang aman dan nyaman untuk mobil Anda. Sebaiknya tidak sering-sering memarkir di tempat yang terpapar matahari terik karena akan membuat karet cepat kering sehingga memperpendek umur pemakaian.
Saran kedua, usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan karet misalkan saat sedang keluar-masuk mobil atau saat memasukkan barang ke mobil. Ketika tidak hati-hati dan kerap bersinggungan dengan karet ini, ia akan robek dan tentu saja membuat mobil kurang nyaman.
Langkah ketiga, setiap kali mencuci mobil, jangan lupa untuk menyiram atau membersihkan kotoran yang menyempil disela-sela lekukan. Anda hanya cukup menggunakan air biasa saja sudah sangat membantu untuk menggelontor kotoran yang menempel.
Dan yang terakhir, silakan memakai cairan silikon atau lebih mahsyur disebut semprotan silikon untuk menjaga kelembapan karet. Ia sangat berguna untuk mengantisipasi dampak terburuk andaikan saja mobil terpaksa harus sering diparkir di luar dan rawan terserang sinar matahari langsung.
sumber: otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar