Home » » Cara Bedakan BPKB Palsu, Biar Tak Gampang Kena Tipu

Cara Bedakan BPKB Palsu, Biar Tak Gampang Kena Tipu

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 03 Mei 2016 | 05.34

Cara Bedakan BPKB Palsu, Biar Tak Gampang Kena Tipu

Masyarakat diminta lebih hati-hati jika membeli mobil atau motor bekas, karena banyak Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) palsu yang beredar.
Baru-baru ini aparat kepolisian dari Polda DIY menangkap pembuat BPKB palsu bernama Sofan Wardhana (34), seorang sarjana asal Condongsari, Ngropoh, Condongcatur, Sleman.

Ia ditangkap karena memalsukan beberapa BPKB kendaraan untuk kemudian dijaminkan ke bank agar mendapatkan kredit.

Menurut Kanit Curanmor Polda DIY, Kompol Ambar Sasongko, pemalsuan ini rentan terjadi pada kendaraan bermotor dengan status bekas. "Sasaran BPKB palsu adalah kendaraan sepeda motor atau mobil bekas, karena yang asli bisa dijaminkan ke bank, sementara yang palsu diberikan ke pembeli," kata Ambar, Senin 16 November 2015.

Meski begitu, Ambar mengaku masyarakat bisa dengan mudah  menghindari BPKB palsu itu. Caranya dengan mengamati secara teliti BPKB tersebut karena ada ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Seperti BPKB palsu gampang rusak, gambarnya lebih buram dan jelek cetakannya.

Selain itu, kata Ambar, ada perbedaan mencolok saat melihat kertasnya. Jika lebih jeli, di BPKB asli terdapat benang pengaman dan gambar timbul seperti halnya uang.

"Hologramnya yang asli apabila disinar akan timbul. Terdapat lambang lalu lintas timbul, sedangkan BPKB palsu tidak ada," papar dia
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar