Home » » Cara Ketahui Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan

Cara Ketahui Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan

Written By HUSNI ZULFIKAR on Senin, 02 Mei 2016 | 07.52

Cara Ketahui Ciri-ciri Mobil Bekas Tabrakan


Umumnya mobil korban tabrakan mengalami kerusakan yang cukup parah. Meskipun sudah direstorasi, terkadang masih saja terdapat bagian yang tidak bisa diperbaiki dan kembali seperti sedia kala.

Biasanya, mobil-mobil tersebut kemudian dijual kembali. Maka tentunya bagi Anda yang tengah berburu mobil bekas wajib waspada terhadap mobil-mobil bekas tabrakan.

Dilansir AstraWorld, Sabtu 20 Februari 2016, ada sejumlah tips untuk mengidentifikasi apakah mobil bekas yang hendak Anda beli bekas tabrakan atau tidak. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Periksa ruang mesin dan kap mesin
Mobil yang mengalami tabrakan di bagian depan akan meninggalkan bekas pada kap dan ruang mesin. Pengecekan di kedua bagian tersebut perlu dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat perbedaan warna, bekas pengecatan yang kurang rata, atau komponen yang tidak semestinya dicat tetapi terkena semprotan cat.

Kalau Anda menemukan salah satu tanda seperti di atas, kemungkinan telah dilakukan pengecatan pada kap atau ruang mesin mobil tersebut untuk menutupi bekas-bekas tabrakan.

2. Cek kaca depan dan lampu-lampu
Tabrakan dapat mengakibatkan lampu-lampu pecah. Pada tabrakan hebat bahkan dapat memecahkan kaca depan. Pemasangan kembali kaca depan pada dudukannya biasanya tidak bisa sama seperti kondisi awal.

Pengecekan bagian kaca depan dilakukan dengan memerhatikan sisa-sisa perekat kaca yang kurang merata di pinggir kaca dan bekas pemasangan kaca pada sekeliling bodi di pinggiran kaca. Sementara lampu-lampu dicek bagian mika lampunya.
Jika warna mika lebih terang dan terlihat lebih baru dibandingkan dengan usia mobil, kemungkinan lampu-lampu mobil tersebut pernah pecah akibat tabrakan dan telah diganti.

3. Perhatikan lekukan bodi dan cat
Berikan perhatian lebih pada kesimetrisan lekukan setiap sisi mobil. Bodi mobil yang pernah mengalami tabrakan dan sudah diperbaiki akan menyisakan ketidaksesuaian pada lekukan. Jarak antarsambungan bodi juga tidak rata.

Untuk cat mobil, perhatikan apakah ada warna yang berbeda pada permukaan bodi mobil. Pengecatan ulang pada bodi mobil korban tabrakan akan mengakibatkan perbedaan warna dengan warna aslinya.

4. Cek pada siang hari
Semua pengecekan tersebut sebaiknya dilakukan siang hari dan cahaya mencukupi. Hindari melakukan pengecekan sore atau malam. Apabila mobil diparkir di garasi dengan penerangan yang kurang memadai, segera pindahkan ke posisi yang terang agar dapat melakukan pemeriksaan yang seksama pada semua bagian mobil. (one)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar