Home » » Cara Praktis Mengetahui Kerusakan Kaki-Kaki Mobil

Cara Praktis Mengetahui Kerusakan Kaki-Kaki Mobil

Written By HUSNI ZULFIKAR on Kamis, 05 Mei 2016 | 06.06

Cara Praktis Mengetahui Kerusakan Kaki-Kaki Mobil

Anda. Tak jarang berbagai komponen mengalami penurunan performa, salah satunya kaki-kaki. 
Sebelum memeriksakan ke bengkel, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan sendiri. Terdapat cara mudah untuk mengetahui kerusakan pada komponen kaki-kaki. Perangkat yang Anda butuhkan hanyalah dongkrak dan kedua tangan.
- Pemeriksaan tie rod
Setelah roda terangkat, coba pegang bagian kiri dan kanan ban. Kemudian goyangkan dengan menekan dan menariknya. Apabila terdengar bunyi seperti besi beradu atau terasa longgar, ada kemungkinan tie rod Anda bermasalah.
- Pemeriksaan ball joint
Sama seperti tie rod, pengecekan dilakukan dengan menggoyangkan ban. Hanya saja posisi tangan kali ini berada di bagian atas dan bawah ban. Apabila terasa longgar, kemungkinan sudah waktunya ball joint Anda diganti.
- Pemeriksaan bearing
Untuk pengecekan bearing roda, Anda cukup memutar ban searah jarum jam. Lakukan sambil memegang per, apabila terasa getaran atau terdengar suara berderit, ada kemungkinan bearing sudah aus atau kering. 
- Pemeriksaan karet bushing arm
Seiring waktu karet bushing arm bisa menjadi getas atau tak fleksibel. Untuk memeriksanya, coba turunkan mobil dari dongkrak, kemudian tekan seolah mensimulasikan mobil sedang melewati jalan berlubang. Apabila terdengar suara berderit, dipastikan karet perlu diganti. 
- Pemeriksaan Shockbreaker
Hal paling mudah yaitu melihat apakah terdapat rembesan oli pada shockbreaker. Jika ada, Anda perlu mengganti atau melakukan perbaikan pada shockbreaker. Cara lain adalah dengan menekan mobil, shockbreaker rusak akan menyebabkan mobil bergoyang naik turun secara berlebihan. 
sumber:otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar