Home » » Jika Susah Pindah Gigi Mundur, Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba

Jika Susah Pindah Gigi Mundur, Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba

Written By HUSNI ZULFIKAR on Senin, 02 Mei 2016 | 22.12

Jika Susah Pindah Gigi Mundur, Cara Ampuh Ini Bisa Dicoba


 Terkadang, ada sejumlah pemilik kendaraan yang mengalami kasus sulit meng-over transmisi manual ke posisi mundur. Solusi gampangnya, yakni melepas pedal kopling, kemudian injak kembali pedal kopling, baru masukkan gigi ke posisi mundur. Coba saja cara tersebut.

Praktis, tuas transmisi langsung mudah masuk di posisi mundur. Mobil pun dapat digerakkan ke belakang. Beberapa pengendara bahkan sudah membuktikan keampuhan solusi dalam mengatasi masalah yang biasa muncul saat hendak parkir ini.

Rupanya, tak cuma itu saja, ada salah satu cara lain yang bisa diterapkan. Dilansir AstraWorld, langkah lainnya ialah memasukkan dulu ke gigi satu, baru kemudian geser transmisi ke posisi mundur. Hasilnya sama. Tuas transmisi akan mudah masuk ke posisi mundur.

Alasan teknis di balik solusi ini hampir mirip dengan langkah pertama. Saat hendak mundur sangat mungkin Anda mengalami masalah seperti di atas karena komponen gigi mundur disusun dengan konstruksi sejajar (sliding).

Untuk bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang sangat pas. Sedikit saja meleset, tuas akan terasa keras. Seolah ada sesuatu yang mengganjal.

Memang, tuas yang terasa keras itu berarti ada sesuatu yang mengganjal. Ganjalan itu akan hilang setelah tuas transmisi Anda posisikan ke gigi satu terlebih dahulu. Ini ada kaitannya dengan konstruksi gigi maju (1, 2, 3, 4 dan 5) yang menggunakan sistem syncromesh.
Pada saat gigi di posisi satu, maka syncromesh menyamakan gigi pemutar dengan gigi yang akan diputar.

Pergeseran pada konstruksi gigi maju tersebut dapat mengakibatkan pergeseran pula di konstruksi gigi mundur. Implikasi selanjutnya, kemungkinan besar akan terjadi kesesuaian antara mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar. Kesesuaian itu yang kemudian memudahkan kita dalam menggeser tuas transmisi ke posisi mundur.

Seandainya masih terasa keras juga, artinya pergeseran tersebut belum sampai pada titik yang pas. Ulangi lagi langkah serupa: masukkan ke gigi satu, baru kemudian geser tuas transmisi ke posisi mundur. Selamat mencoba.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar