Home » » Pakai Knalpot Racing, Garansi Mobil Bisa Gugur?

Pakai Knalpot Racing, Garansi Mobil Bisa Gugur?

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 03 Mei 2016 | 05.31

Pakai Knalpot Racing, Garansi Mobil Bisa Gugur?

Tak sedikit para pemilik kendaraan mencoba mengganti knalpot mobil standar pabrikan dengan versi racing. Suara yang dihasilkan memang menggelegar, dan bikin mobil nampak sangar performanya. Terlebih jika dibesut di jalanan lengang dengan kondisi jalan yang sepi lalu lintas.

Namun, tentunya banyak pula pemilik kendaraan yang tidak mengetahui apa pengaruhnya, termasuk apakah mengganggu garansi kendaraan dari distributor.

Menurut salah seorang juri dan pembicara Avanza Pop You Up, dalamroadshow di Makassar, Boy Beding, dianjurkan para pemilik kendaraan memperhitungkan ubahan yang dilakukan pada mobil kesayangan tidak menggugurkan garansi.

Ia menyebut, menggunakan knalpot bising bisa saja menggugurkan garansi mobil, lantaran dapat mengganggu kerja dan kualitas komponen lain yang dilindungi garansi.

“Ubahan di sistem exhaust dapat membuat bahan bakar lebih boros dan tenaga hilang. Setiap jenis dan model mobil memiliki hitungan sistem exhaust sendiri untuk menghasilkan performa yang optimal,” kata dia, seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin 23 November 2015.

Bahkan pada model yang sama, tambah Boy, bisa saja hitungan knalpot untuk performa berbeda sebab dipengaruhi transmisi, manual atau otomatis.

Soal performa, dia memang menyebut jika beda mobil standar dengan ubahan bisa dinilai dari suara yang dihasilkan knalpot. Tetapi, penggantian knalpot belum tentu berpengaruh pada performa.
Bisa saja mobil terasa kencang sebab rasanya kaki ingin terus menginjak pedal gas agar mendengar suara knalpot lebih keras, padahal akselerasinya sama saja seperti standar atau bahkan menurun.

Ia menganjurkan, hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengubah knalpot yakni menanyakan langsung terkait fungsi dan garansi ke bengkel resmi. “Sebab, setahu saya, jika ada kerusakan akibat dari knalpot non-original tersebut maka otomatis garansi akan hilang,” kata Boy.

Ia juga menganjurkan, daripada berisiko garansi gugur, lebih baik konsumen mempertimbangkan untuk menambah aksesori plug and play seperti tail pipe. Fungsinya tidak langsung berpengaruh pada knalpot tapi bisa memperbaiki estetika.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar