Home » » Pedal Rem Mobil Sering Bergetar? Anda Wajib Tahu

Pedal Rem Mobil Sering Bergetar? Anda Wajib Tahu

Written By HUSNI ZULFIKAR on Senin, 02 Mei 2016 | 22.03

Pedal Rem Mobil Sering Bergetar? Anda Wajib Tahu


Apakah Anda pernah mendapati rem mobil tiba-tiba saja bergetar ketika diinjak? Jika menemui hal tersebut, kemungkinan besar ada komponen rem yang bermasalah dan harus segera diganti.
Dilansir situs resmi Toyota, Senin 11 Januari 2016, getaran pada komponen ini haruslah Anda perhatikan karena bisa menyebabkan masalah serius jika tidak cepat ditangani. Bukan hanya tidak nyaman, situasi ini juga dapat mengancam keselamatan.
Ketika pedal rem bergetar, hal ini menandakan adanya permukaandisc brake yang tidak rata.  Ketika kanvas rem menjepit cakram, impitan ke komponen ini tidak merata. Inilah yang memicu getaran yang terasa sampai ke pedal.

Kondisi ini pun juga bisa mempengaruhi rem dalam menghentikan laju kendaraan, gangguan ini pun bisa sangat berbahaya. Masalah permukaan disc brake yang tidak rata ini pada umumnya terjadi karena kurangnya perawatan.

Memang seharunya dilakukan pemeriksaan dan pembersihan cakram dilakukan setiap 10 ribu kilometer. Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran-kotoran yang mungkin menempel.

Jika bagian tersebut tidak dibersihkan secara rutin, maka kotoran yang kasar atau keras potensial menggores permukaan disc brakesaat dijepit oleh kanvas rem. Bahkan, jika disc brake sampai sudah bergelombang dibiarkan bisa menyebabkan kanvas rem cepat aus.

Namun bila disc brake Anda masih tebal, maka , gejala bergetar dapat diatasi dengan melakukan pembubutan hingga rata. Namun akan tetap lebih baik lagi jika diganti dengan yang baru.

Getaran juga bisa disebabkan oleh kanvas rem yang kurang bagus, untuk yang satu ini penyebabnya dipastikan karena kanvas yang digunakan orisinal. Nah, semoga pengetahuan ini berguna bagi Anda
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar