Home » » Amankah Menambal Dinding Ban?

Amankah Menambal Dinding Ban?

Written By HUSNI ZULFIKAR on Sabtu, 25 Juni 2016 | 01.22

Amankah Menambal Dinding Ban?

Dinding ban yang bocor tentu sangat mengesalkan. Tak jarang pemilik kendaraan harus menggantinya dengan yang baru.
Namun, belakangan ini banyak beredar reparasi yang mampu menambal dinding ban. Bermodalkan lapisan karet khusus yang diberi perekat, seketika dinding ban yang bocor sudah teratasi.
Lantas amankah menambal dinding ban? Menurut Romijo Huka, Regional Manager PT Goodyear Indonesia, akan sangat berisiko apabila dinding ban yang rusak diberi tambalan. Soalnya, dinding ban ibarat fondasi yang memperkuat struktur ban.
"Semua itu tergantung kondisi kerusakannya. Di dalam dinding ban itu ada lapisan yang menahan bentuk ban. Kalau bocor halus masih memungkinkan untuk ditambal. Tapi kalau sudah merusak struktur di dalamnya, sangat tidak disarankan untuk menambal," ungkapnya.
Menambal dinding ban yang rusak cukup parah menurut Romijo berbahaya karena tambalan tersebut sudah tidak didukung struktur lagi. Dalam jangka waktu yang tak lama, tambalan tersebut bisa saja robek kembali karena tidak kuat menahan tekanan udara yang berusaha keluar.
"Jadi ada baiknya, diganti saja yang baru. Lebih baik daripada mengambil risiko yang bisa menyebabkan celaka," tutupnya.

sumber:otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar