Home » » Bersihkan AC Agar Perjalanan Mudik Jadi Nyaman

Bersihkan AC Agar Perjalanan Mudik Jadi Nyaman

Written By HUSNI ZULFIKAR on Sabtu, 25 Juni 2016 | 00.47

Bersihkan AC Agar Perjalanan Mudik Jadi Nyaman

Mudik menggunakan kendaraan roda empat bersama keluarga tentu akan sangat menyenangkan.
Namun, apa jadinya disaat sedang membelah kemacetan khas mudik, tiba-tiba AC (Air Conditioner) tak bekerja dengan baik.
Hal ini pasti akan merusak suasana perjalanan mudik Anda karena suhu kabin terasa panas.
Jika mengalami kejadian di atas, AC yang kotor bisa menjadi penyebabnya. Seiring waktu, kotoran akan menumpuk di bagian luar komponen AC yaitu evaporator dan kondensor.
Kotoran berupa debu dan lumut ini menghalangi komponen tersebut bekerja maksimal, seperti mengubah freon panas menjadi dingin.
"Evaporator kotor atau berlendir dapat menjadi penyebab hembusan angin melemah. Akibatnya kabin terasa gerah dan angin hanya terasa di ujung kisi-kisi saja, tidak sampai ke badan pengendara atau penumpang," ucap Ferry selaku pemilik bengkel spesialis AC Auto Rotary Bintaro yang berlokasi di di RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.
Untuk itu, diperlukan pembersihan secara menyeluruh menggunakan alat khusus. Pembersihan ini dapat dilakukan di bengkel-bengkel AC.
"Sebagai gambaran kami melakukan servis AC mobil Toyota Taris. Sebelum dibersihkan hembusan angin didapat hanya 5,7 kilometer per jam dan suhu 14,1 derajat celcius. Setelah dilakukan pembersihan, hembusan angin meningkat menjadi 13,6 kilometer per jam dan suhu AC 4,3 derajat celcius," ungkap Ferry.

sumber:otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar