Home » » Untung-Rugi Lepas Aki Mobil Ditinggal Mudik

Untung-Rugi Lepas Aki Mobil Ditinggal Mudik

Written By HUSNI ZULFIKAR on Sabtu, 25 Juni 2016 | 00.42

Musim mudik, ada saja pemilik mobil yang meninggalkan kendaraannya itu di rumah. Biasanya aki pun dilepas supaya masa pakainya awet, apalagi jika mobil ditinggal lebih dari seminggu. Namun, urusan lepas aki rupanya punya untung-rugi.
"Kalau dia pergi lebih dari satu minggu, terminal baterainya sebaiknya dilepas. Memang ada kerugian dan keuntungan, saling bertolak belakang. Pasalnya biarpun mobil berhenti, dia tetap mengonsumsi arus listrik," kata Dedy Ismanto, Channel Marketing Manager PT Robert Bosch Indonesia.


Aki yang terpasang sekalipun mobil tidak dijalankan tetap akan menyuplai listrik untuk alarm, immobilizer, hingga GPS untuk mengetahui posisi mobil. Fungsinya tentu untuk keamanan. Lain dari itu, Dedy juga menyarankan agar aki tidak dilepas jika mobil tersebut buatan Eropa.


"Untuk (mobil Jepang) baterai bisa dicopot. Namun, untuk mobil Eropa, itu tidak kami rekomendasikan. Kalau baterai dicopot, dia harus direset kembali. Ada alarm yang berfungsi, ada immobilizer, itu kan untuk keamanan ya, (kalaupun tetap dipasang) voltasenya hanya kecil, 0,2 ampere," ujarnya. 

sumber:otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar