Home » » Waspada Aki Mobil Tekor Saat Mudik

Waspada Aki Mobil Tekor Saat Mudik

Written By HUSNI ZULFIKAR on Sabtu, 25 Juni 2016 | 00.29



 Mesin sulit starter saat berada di wilayah yang tidak dikenali ketika dalam perjalanan jauh tentu bisa jadi cerita horor tersendiri. Tudingan pertama tentu jatuh pada urusan aki atau baterai di mobil.
Padahal, penyebab aki tidak bekerja semestinya adalah beban kerjanya yang berlebihan. Padahal, saat mobil berjalan, daya listrik akan mengisi ulang asalkan pemakaiannya seimbang.
"Intinya waktu untuk pengisian baterai (saat mesin bekerja) itu kembali berkurang. Malah tekor karena lebih banyak arus listrik yang keluar daripada yang terisi kembali," ujar Dedy Ismanto, Channel Marketing Manager PT Robert Bosch Indonesia
Apa saja yang tanpa disadari membuat arus listrik aki tekor pada mobil? Ada berbagai perangkat yang harus diperhatikan.
"Pada saat jalan normal, pengisian (arus listrik) normal. Namun, saat macet, fungsi kerja mesin itu dobel. Dia butuh arus listrik yang lebih banyak. Ini karena extra fan langsung berputar kan dan butuh arus listrik sendiri," ujarnya.

Beban pun makin bertambah karena perangkat elektrik di dalam mobil juga menyala, dan bahkan juga digunakan untuk mengisi daya baterai di gadget, serta dalam masa yang lama karena perjalanan yang jauh.
"Belum lagi, nyalain radio, segala macam perangkat elektronik, dan dibebani lagi charger-charger HP, tab, segala macam," ujarnya lantas berpesan agar penggunaan daya dari aki sebaiknya secukupnya

sumber:otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar