Home » » Kenali Tanda Saat Ban Mobil Harus Secepatnya Diganti

Kenali Tanda Saat Ban Mobil Harus Secepatnya Diganti

Written By HUSNI ZULFIKAR on Senin, 25 Juli 2016 | 01.16

Kenali Tanda Saat Ban Mobil Harus Secepatnya Diganti

 Kondisi ban tentu harus diperhatikan sebelum berkendara. Meremehkan ban dapat berakibat fatal. Buktinya, berdasarkan data kecelakaan lalu-lintas pada 2015 lalu, 23 persen di antaranya disebabkan masalah ban.
Maka, pengecekan ban sebaiknya dilakukan sebulan sekali agar Anda bisa tahu apakah harus mengganti ban atau tidak. Yang jelas, jika kondisi ban sangat baik, tentunya keselamatan, pengendalian, akselerasi serta pengereman kendaraan selalu di bawah kendali Anda.
Nah, berikut ini beberapa tips mudah untuk mengenali kondisi ban kendaraan Anda:
Perhatikan sisi dalam ban
Biasanya selesai mengendarai sebuah mobil pastinya ada sisa kerikil-kerikil kecil atau sampah yang menempel pada sela-sela ban. Kadang orang malas membersihkannya. Padahal, itu berpotensi menyebabkan ban bocor.
Perhatikan sisi luar kembang ban
Langkah kedua yang harus dilakukan adalah melihat dengan teliti apakah ada keretakan di bagian sisi luar ban atau tidak. Keretakan ini jika dibiarkan juga bisa menyebabkan bocor tiba-tiba.  Selain keretakan yang perlu diperhatikan adalah apakah terdapat benjolan di sisi luar ban atau tidak? Jika memang ada benjolan, maka ban harus lekas diganti. Ban dengan benjolan di sisi luar jika dibiarkan dapat mengakibatkan pecah ban.
Cek Indikator Keausan Ban
Mengencek indikator keausan ban bisa kita lakukan dengan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI) sebagai patokannya. Caranya mudah tinggal memperhatikan tanda segitiga/TWI di dasar dinding ban. Apabila TWI sudah menyentuh rata telapak ban, tandanya ban harus segera ganti. Standarnya ketebalannya 1,6 mm.
Sebenarnya ban yang ketebalannya tinggal 1,6 mm masih bisa dipakai di jalan kering dan dalam kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Tapi tidak direkomendasikan untuk melintasi jalan basah. Terlebih bila dipakai dalam kecepatan tinggi dan terdapat genangan air. Gejala aquaplanning bisa saja terjadi.
Periksa tekanan ban
Memeriksa tekanan setiap ban itu penting karena sedikit apapun gejala yang terjadi pada tekanan ban bisa mengindisikasikan sesuatu terjadi pada ban mobil.  Jika mendapati tekanan ban mobil turun drastis, segera bawa ke bengkel untuk pemeriksaan yang lengkap. Mungkin terjadi kebocoran halus di sekitaran velg atau ada tutup dan pentil ban yang bermasalah.
(ren)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar