Home » » 10 Upgrade Di Bawah Rp 5 Juta Untuk Menambah Peforma Mobil Anda

10 Upgrade Di Bawah Rp 5 Juta Untuk Menambah Peforma Mobil Anda

Written By HUSNI ZULFIKAR on Jumat, 26 Mei 2017 | 21.20

10 Upgrade Di Bawah Rp 5 Juta Untuk Menambah Peforma Mobil Anda 

Semua orang yang memilik mobil pasti ingin kendaraan kesayangannya itu memiliki peforma yang luar biasa. Entah mobil keluaran lama ataupun baru, pasti orang akan memodifikasi mesin mobil mereka. Tujuannya sudah pasti untuk menambah peforma yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa.
Seperti yang dikutip dar torqueandtread.com, kebanyakan orang harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli atau membandani mesin mobil mereka. Tetapi, dengan budget di bawah Rp 5 juta, Anda bisa memodifikasi peforma mobil Anda.
Berikut tips-tipsnya:
1. Sewa instruktur mengemudi
Salah satu upgrade terbesar yang bisa Anda lakukan yaitu menambah kualitas mengemudi. Anda bisa mengunjungi tempat les mengemudi atau menyewa instruktur untuk mengajari Anda cara mengendarai mobil yang benar serta teknik-tekniknya.
Mungkin cara ini tidak akan menambah peforma mobil Anda, tetapi bisa menambah pengetahuan Anda soal mengemudikan mobil yang hemat dan efektif.

2. Hilangkan komponen-komponen berat mobil
Semakin enteng mobil Anda, maka akan semakin mempercepat juga laju mobilnya. Setiap 45 Kg komponen yang dicabut seperti: kursi penumpang, bumper-bumper yang diganti dengan bahan yang ringan, dan lain-lain dapat menambah peforma secara drastis. Terlebih lagi, cara ini tidak memakan banyak biaya.

3. Perbesar lebar ban
Memperlebar ukuran ban dapat menambah akurasi belokan mobil Anda. Namun, ban harus seimbang dengan kekuatan mobil. Jika ban terlalu besar, ban akan memperberat kerja mesin dan secara otomatis turut melambatkan lajunya.
4. Ban super ringan
Biasanya ban ini digunakan pada sirkuit balapan untuk peforma yang luwes. Dengan ban mobil yang super ringan, mesin mobil tidak memerlukan tenaga ya ekstra untuk menjalankan mobilnya.
Namun, perlu Anda ketahui bahwa ban tersebut lebih cepat rusak karena menggunakan bahan yang sangat tipis untuk memperingan bobot ban itu sendiri.
5. Gunakan Short-Throw gear shifter
Jika Anda sering menonton film balapan atau film action lainnya, Anda akan sering melihat banyak orang yang mengganti gigi dengan sangat cepat. Dan disinilah Short-Throw Gear Shifter melakukan tugasnya. Fungsinya adalah untuk mempercepat pergantian gigi sebesar 20% atau lebih. Semakin cepat Anda mengganti gigi , semakin sedikit RPM yang terkuras.



6. Pengaturan ECU 
Pengaturan ini dilakukan dengan komputer dan Anda bisa melakukannyaa di bengkel-bengkel terdekat. Meskipun perubahan pengaturan pada ECU tidak memiliki pengaruh yang sangat besar pada mesin mobil, tetapi Anda masih bisa merasakan sedikit perubahannya.

7. Penyaring udara mobil yang baru
 Udara yang langsung masuk ke saringan mobil selanjutnya akan menambah peforma mobil dengan dengan prosentase cukup besar. Oleh sebabnya, Anda harus selalu memperhatikan kualitas penyaring udara mobil.
8. Kursi mobil yang sporty
Anda juga bisa mempercantik mobil Anda dengan mengganti kursi depan Anda dengan kursi sport. Selain modelnya yang stylish, kursi tersebut sangatlah ringan dan dapat memberi Anda pengalaman yang nyaman saat mengemudi.

9. Anti-sway bars
Cara ini sangatlah direkomendasikan. Anti-sway bars berukuran kecil dan biasanya ditaruh di bagian depan bawah mobil di antara 2 ban depan. Fungsinya adalah agar ban mobil tetap menyentuh tanah dan tentunya memaksimalkan kendali mobil agar lebih stabil.

10. Gunakan komponen aftermarket
Menggunakan komponen dari produsen lain dapat menambah peforma mobil Anda, jika dibandingkan dengan menggunakan peranti standar. Selain komponen, cairan-cairan mobil seperti: oli mobil, bensin, cairan transmisi mobil, dan lain-lain dapat Anda tambahkan untuk memaksimalkan peforma mobil layaknya mobil balap.
Itulah 10 hal yang bisa Anda lakukan untuk mengupgrade peforma Anda dengan kisaran harga di bawah Rp 5 juta. Namun, perlu Anda ketahui bahwa melakukan hal-hal tersebut dapat menghanguskan garansi mobil. Jadi, Anda harus pikirkan lagi keputusan Anda untuk memodifikasi performa mobil.



 sumber,otosia.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar