Home » » AC Tiba-tiba Mengorok, Pertanda Kompresor Bermasalah

AC Tiba-tiba Mengorok, Pertanda Kompresor Bermasalah

Written By HUSNI ZULFIKAR on Kamis, 03 Agustus 2017 | 07.19

AC Tiba-tiba Mengorok, Pertanda Kompresor Bermasalah


Seiring waktu kompresor AC mobil akan mengalami penurunan kondisi. Salah satu tanda komponen tersebut mulai mengalami kerusakan adalah munculnya bunyi yang cukup keras seperti orang mengorok ketika dinyalakan. Lantas apa penyebab munculnya suara itu?
Salah satu penyebabnya adalah akibat kondisi piston yang mulai aus. Ya, kompresor juga memiliki piston yang mirip pada mesin mobil. Periksa pula dinding silinder dan klep, apabila terjadi kejanggalan maka kompresor akan sulit untuk diperbaiki, bahkan percuma. Ada baiknya mengganti kompresor dengan yang baru. Oleh karena itu, periksa kondisi sil, biasanya kebocoran disebabkan komponen ini sudah mengeras.
Magnetic clutch yang rusak juga bisa mengakibatkan putaran kompresor menjadi tidak stabil sehingga menghasilkan suara keras. Komponen ini sendiri berfungsi menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Jika komponen tersebut mulai lemah, hembusan angin akan ikut berkurang menyebabkan AC menjadi tak dingin.
"Cek kondisi magnetic clutch dengan menempelkan kabel berarus 12 volt. Ketika bagian center piece tidak bergerak, maka magnetic clutch harus diganti dengan yang baru," ucap Ferry dari bengkel spesialis AC Rotary Bintaro.
Terakhir adalah trust bearing atau yang biasa dikenal sebagai bearing bambu. Apabila komponen ini mengalami kerusakan seperti berkarat akan membuat kompresor tidak dapat berputar dengan baik.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar