Home » » Punya Desain Serupa, Apa Beda Antara Vitara, Escudo dan Sidekick?

Punya Desain Serupa, Apa Beda Antara Vitara, Escudo dan Sidekick?

Written By HUSNI ZULFIKAR on Selasa, 30 Januari 2018 | 06.40

Punya Desain Serupa, Apa Beda Antara Vitara, Escudo dan Sidekick?

Selain Jimny, lini produk SUV kompak kepunyaan Suzuki juga terkenal dengan lini keluarga Vitara-Escudo-Sidekick yang kehadirannya sangat terasa di tengah masyarakat Indonesia.
Sejak tahun 2006, generasi ketiga dan keempat dari SUV ini mendarat di Indonesia dengan nama Suzuki Grand Vitara, sedangkan generasi keduanya diberi julukan Escudo pada tahun 2001 hingga 2006.


Sedangkan untuk generasi pertamanya, SUV andalan Suzuki ini menyapa publik Tanah Air dengan 3 nama sekaligus, yakni Vitara, Escudo, dan Sidekick. Namun, apa perbedaannya?
Model yang pertama kali masuk Indonesia adalah Suzuki Vitara pada tahun 1992 dengan mengusung penggerak 4 roda alias 4x4 serta kaki-kaki yang lebih kuat, sehingga Suzuki Vitara ini tergolong menjadi incaran off-roader.

Populasi dari Suzuki Escudo pun sudah tergolong langka akibat populasinya tidak sebanyak saudara kembarnya, Escudo dan Sidekick, karena produksinya pun tidak bertahan lama sejak berhenti produksi pada 1995.
Kembaran Vitara yang bernama Escudo ini awalnya hadir di tahun 1993 sebagai alternatif karena pajak mobil dengan penggerak 4X4 pada Vitara di Indonesia terasa mahal.

Secara fitur sendiri Escudo secara garis besar memang sama dengan Vitara, hanya saja kini menggunakan penggerak dua roda saja, serta ban standar sehingga lebih nyaman dipakai di jalanan umum.
Suzuki Escudo langsung menguasai pasar industri otomotif dalam penjualan SUV. Karena mobil ini merupakan SUV yang memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya.
Suzuki EscudoSuzuki Escudo

Hal yang menarik dari SUV jebolan Suzuki ini antara lain memiliki ground clearance yang mahir untuk melibas segala daerah, baik jalanan mulus perkotaan hingga medan offroad yang ganas sekalipun, dan juga mengedepankan aspek kenyamanan yang memanjakan penggunanya.
Rupanya, kehadiran Escudo begitu diminati. Sayang, harganya masih terlampau tinggi, sehingga Suzuki Indomobil pun memperkenalkan Sidekick di tahun 1995, bersamaan dengan berhentinya pemasaran Vitara.
Suzuki SidekickSuzuki Sidekick

Suzuki Sidekick merupakan kasta terendah dari ketiga mobil, sistem penggeraknya sama seperti Escudo. Perbedaan yang dapat dilihat sekilas dari eksterior merupakan adanya stiker 4 warna pada kedua sisi mobil ini.
Suzuki Sidekick ini ditujukan bagi pecinta Escudo namun mempunyai budget yang rendah. Dikarenakan untuk memotong harga jual, Sidekick hanya membawa kelengkapan kelas ekonomis saja yang sederhana dan minim fitur serta absennya doortrim.

Sepeninggalan Vitara yang lebih dahulu pensiun, Escudo dan Sidekick terus bertahan dan akhirnya dijual di Indonesia hingga tahun 2001.

sumber,otosia.com

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar